Mengajari Anak Untuk Menyukai Air Putih

  Mengkonsumsi air putih sangat   menyehatkan bagi tubuh manusia. Baik mereka yang sudah tua hingga anak – anak. Beberapa manfaat air putih bagi kesehatan diantaranya adalah membantu pencernaan, menurunkan stress, memelihara kulit dan banyak lagi.

Jika dibandingkan dengan air berasa lainnya seperti sirup, kopi dan soft drink, air putih tentu kalah nikmat.   Rasa yang tawar membuat air putih juga tidak begitu digemari oleh anak – anak. Padahal, dalam masa pertumbuhan seperti mereka, air putih sangat berpengaruh besar.

Menurut Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, ahli gizi dari Universitas Indonesia menyatakan bahwa susu mengandung karbohidrat dan laktosa (bentuk lain dari gula) yang biasa melekat pada gigi dan dapat merusak email. Dianjurkan bagi bayi yang baru selesai masa menyusui untuk terbiasa dengan berkumur – kumur dan meminum air putih. Selain itu, air putih juga sangat baik bagi pencernaan mereka yang tergolong masih sangat rentan  terhadap bahan kimia seperti besi, kapur atau zat pewarna yang biasa terdapat pada minuman berasa, beraroma dan berwarna. Asupan air putih pada anak juga dapat membantu meringankan gejala konstipasi, diare dan demam.

Sayangnya, tidak semua anak – anak menyukai air putih yang berasa tawar tersebut. Apalagi jika mereka memang tidak terbiasa untuk meminum air putih. Oleh karena itu, Dr. Saptawati Bardosono, MD, Msc dari Departmen Nutrisi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memberikan beberapa trik agar anak Anda gemar meminum air putih. Beberapa tips tersebut adalah,

1. Perkenalkan air putih

Setelah masa menyusui, dianjurkan untuk memperkenalkan anak Anda terhadap air putih terlebih dulu sebelum anak mengenal air yang berasa, berwarna atau beraroma. Hal ini menghindari anak tidak menyukai air putih yang tidak berasa.

2. Gunakanlah sesuatu yang menarik

Anak – anak menyukai sesuatu yang menarik seperti warna cerah, oleh karena itu cobalah untuk membuat menarik wadah/gelasnya, menambahkan sedikit buah atau batu es, atau bisa juga menambahkan sedotan yang menarik.

Nahh,, semoga tips di atas membantu para orang tua yang ingin mengajarkan anaknya untuk senang meminum air putih. Namun harus diingat juga, air putih yang akan diminum oleh anak Anda haruslah air yang steril dan murni. Jangan biarkan air tersebut terkontaminasi oleh berbagai bahan kimia seperti besi, mangan, kapur dan klorin, atau oleh micro organisme jahat seperti bakteri E coli, dll. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat meminum air yang terkontaminasi adalah diare, keracunan, baby blue syndrome, polio, hingga kematian. Oleh karena itu, selalu jaga dan pastikan bahwa air yang akan anak Anda minum adalah air yang steril.

“Sehat berawal dari air yang Anda gunakan”

Sumber: http://www.suaramedia.com

0 Responses to “Mengajari Anak Untuk Menyukai Air Putih”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




air bersih hidup sehat


%d bloggers like this: