WASPADA…!!! JAKARTA BAKAL KEKURANGAN AIR BERSIH

JAKARTA BAKAL KEKURANGAN AIR BERSIH

Tribun Jakarta,
Selasa,29 Maret 2011

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA – Tahun-tahun mendatang Jakarta akan kekurangan air bersih. Dirut Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jaya, Mauritz Napitupulu mengatakan, dalam beberapa tahun ke depan, diprediksi kota Jakarta akan kekurangan air minum karena kurangnya pasokan air baku untuk diolah menjadi air bersih. Bahkan, menurut BPLHD Provinsi DKI Jakarta, kualitas air sungai di Jakarta kondisinya tidak layak untuk dijadikan air minum.

Untuk mengantisipasi kekurangan air bersih Pemprov DKI Jakarta berencana menambah pasokan air bersih dengan membangun tiga pengolahan air bersih di dalam kota dengan teknik ultrafiltration yang akan menghasilkan air bersih sebanyak 4.500 meter per detik.

Pengadaan tiga pengolahan air bersih ini akan dilelang pada Juli atau Agustus tahun ini. Sehingga diharapkan pada akhir tahun ini juga, ketiga pengolahan air bersih itu dapat difungsikan.

“Untuk memproses air minum dari air sungai secara konvensional. membutuhkan biaya yang sangat mahal. Untuk itu, saat ini kami sedang memikirkan cara yang paling tepat untuk menambah air baku yang diolah menjadi air bersih agar layak dikonsumsi,” ujar Mauritz kepada Beritajakarta.com, Selasa (29/3/2011).

Lebih jauh diungkapkan Mauritz, sebenarnya Pemprov DKI Jakarta memiliki rencana meningkatkan jumlah pasokan air bersih ke kota Jakarta dalam kapasitas besar. Yakni, dengan membangun pabrik air di Waduk Jatiluhur, Purwakarta. Nantinya, air baku di Waduk Jatiluhur akan terlebih dahulu diolah menjadi air bersih, kemudian dialirkan ke Jakarta melalui pipanisasi sehingga air bersih itu tidak tercemar dan siap disitribusikan kepada warga yang membutuhkan melalui operator PDAM.

“Rencana ini baru akan dilakukan pada tahun 2013 dengan menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Saat ini Kementerian (PU) masih mengkaji kelayakan serta pembiayaannya,” ungkapnya.

Sebelumnyam Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan pihaknya masih menyiapkan beberapa pilihan untuk pasokan air yang cukup di Jakarta. Ia mengatakan purifikasi atau pemurniaan air di waduk Jatiluhur tetap dilakukan.

“Filtrasi yang disarankan PDAM mengenai ultrafiltrasi yang katanya bisa lebih cepat mengolah air kotor menjadi bersih sudah saya beri lampu hijau,” ujar bang Foke.

0 Responses to “WASPADA…!!! JAKARTA BAKAL KEKURANGAN AIR BERSIH”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




air bersih hidup sehat


%d bloggers like this: