Polemik Depo Air Minum Isi Ulang

Air minum isi ulang mulai banyak dijadikan bisnis di Indonesia. Harga yang lebih murah daripada jenis air minum bermerek menjadikan jenis air minum ini banyak diminati. Walau begitu, beberapa pertanyaan mengenai kualitas dari jenis air minum isi ulang ini masih menjadi polemik. Pasalnya, muncul banyak statement yang cukup meresahkan para pembisnis air isi ulang ini seperti “harga murah karena air nya langsung dari kali/sungai”.

Menurut Nuri Andarwulan, Pengajar ilmu tekhnologi pangan, IPB menyatakan bahwa pada prinsipnya, air minum isi ulang yang banyak dijual itu layak dikonsumsi. Tapi, yang aman diminum adalah yang kualitasnya sudah diperiksa oleh Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kotamadya Setempat.
Intinya, air yang layak diminum harus melewati 3 persyaratan kelayakan, yaitu dari segi fisik, kimia, dan mikrobiologi. Jika standar tersebut sudah terpenuhi, depo tersebut akan diberikan sertifikat izin dari Dinas Kesehatan tersebut.

Lalu bagaimana kita mengetahui kualitas air yang dijual oleh para pembisnis air minum isi ulang tersebut?.

Untuk mengetahui kualitas air yang akan kita minum kita bisa mendeteksi secara fisik.  Dari segi fisik, air minum tak boleh memiliki bau, rasa, dan warna (harus jernih).

Melalui tes laboratorium dapat diteliti dari segi kimia. Air minum harus bebas dari kandungan zat kimia berbahaya, seperti logam berat (air raksa atau merkuri (Hg), timbal (Pb) dan Au) aluminium, besi, serta klorida.

Sedangkan, dari segi mikrobiologi, air minum tidak boleh mengandung bakteri-bakteri patogen (bersifat racun sehingga dapat menimbulkan penyakit). Bakteri yang tergolong patogen adalah E.coli, Salmonella typhii, dan sejenisnya.

Jadi jelaslah bahwa anggapan – anggapan negatif tentang kualitas air dari air minum isi ulang tidak sepenuhnya benar. Namun pernyataan tersebut juga tidak sepenuhnya salah. Oleh karena itu bagi para  konsumen harus betul – betul memperhatikan kualitas air yang akan dibeli, dan bagi para pelaku bisnis harus betul – betul memperhatikan tekhnologi – tekhnologi yang digunakan dalam penyaringannya agar dapat menjamin kehigienisan airnya.



0 Responses to “Polemik Depo Air Minum Isi Ulang”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




air bersih hidup sehat


%d bloggers like this: