Air Kemasan VS Air Mineral

Selasa, 20 April 2010
Tidak sedikit orang yang salah kaprah tentang istilah air mineral dan air kemasan. Karena keduanya sama-sama dikemas dalam botol, banyak orang yang menyebut dan menyangka bahwa air minum dalam kemasan (AMDK) adalah air mineral. Padahal, sebetulnya keduanya tidak sama. Apa perbedaannya? 

DEFINISI AIR MINERAL
Menurut SNI (Standar Nasional Indonesia), definisi air minum dalam kemasan (AMDK) adalah air yang telah diolah dengan perlakuan khusus dan dikemas dalam botol atau kemasan lain dan memenuhi persyaratan air minum ( Air Minum Isi Ulang).Sedangkan air mineral adalah air yang diperoleh langsung dari sumbernya, dikemas di dekat lokasi sumber air, memiliki syarat kandungan mineral tertentu, dan juga dikemas dalam botol ataupun kemasan lainnya.

SERUPA, TAPI TAK SAMA
Sumber air AMDK dan air mineral sama-sama berasal dari mata air pegunungan. Tapi, khusus untuk air mineral, sumber airnya diambil dari pegunungan yang memang memiliki kandungan mineral lebih tinggi. Secara fisik, keduanya agak sulit dibedakan. Yang pasti, pada kemasan air mineral akan tertulis apa dan berapa kadar mineral yang terkandung di dalamnya ( Air Minum Isi Ulang).

AIR MINERAL BERKARBONASI?
Air mineral berkarbonasi maksudnya adalah air mineral yang mengandung karbondioksida (seluruhnya atau sebagiannya didapat asli dari sumber airnya atau bisa juga ditambahkan dari luar). Fungsinya adalah supaya air terasa lebih segar. Di pasaran, dikenal dengan istilah sparkling water yangtertulis pada kemasannya.

HINDARI JIKA…
Sebaiknya jangan lagi mengonsumsi air mineral ataupun AMDK bila airnya sudah tidak jernih atau keruh, berasa dan berbau menyimpang, atau kemasannya bocor.

Sumber : femina-online.com

0 Responses to “Air Kemasan VS Air Mineral”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




air bersih hidup sehat


%d bloggers like this: