Puluhan Juta Orang Jatuh Miskin Akibat Sakit

SENIN, 22 NOVEMBER 2010 | 21:35 WIB

TEMPO Interaktif, Jenewa – Lebih dari 100 juta orang jatuh ke dalam kemiskinan setiap tahun akibat sakit atau “bencana” tagihan-tagihan medis. Demikian disebutkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hari ini saat diluncurkannya sebuah gerakan global untuk perawatan kesehatan universal.

“Tak seorang pun yang membutuhkan perawatan kesehatan harus mengalami risiko kehancuran finansial sebagai akibatnya,” ujar Direktur Jendral WHO, Margaret Chan di Jenewa, Senin (22/11).

Laporan tahunan lembaga itu, ditujukan tahun ini untuk sistem pembiayaan kesehatan, menggarisbawahi bahwa kebutuhan pencakupan kesehatan universal “belum pernah lebih besar” dibanding dengan perlambatan ekonomi, globalisasi penyakit dan populasi yang menua yang memerlukan perawatan lebih untuk kondisi-kondisi kronis.

Sejak tahun 2005, sebanyak 192 negara anggota WHO telah memutuskan bahwa setiap orang harus memiliki akses layanan kesehatan dan tak seorang pun harus menderita sebagai akibat dari kesulitan keuangan karenanya. “Pada kedua hitungan dunia adalah suatu jalan panjang dari cakupan universal,” sebut laporan tersebut.

[ The Straits Times ]

0 Responses to “Puluhan Juta Orang Jatuh Miskin Akibat Sakit”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




air bersih hidup sehat


%d bloggers like this: